Claudia's travel footprints

Berburu Aurora Borealis di Lapland Finlandia

Berburu Aurora Borealis di Lapland Finlandia

Aurora merupakan fenomena alam yang luar biasa indahnya. Cahaya yang berpendar di gelap dan sunyinya malam, menari-nari di langit yang penuh bintang.

Aurora disebabkan oleh tumbukan elektromagnetis partikel matahari dengan medan magnet pada kutub-kutub bumi. Aurora dapat diamati di tempat-tempat di sekitar lingkaran kutub baik utara maupun selatan. Mengingat antartika (kutub selatan) lebih sulit dicapai manusia dibandingkan dengan arctic circle (lingkar kutub utara), maka tidak heran jika tempat paling mudah untuk mengamati aurora adalah di dalam Arctic circle. Aurora yang terjadi di belahan bumi utara biasa disebut juga dengan Northern Lights atau juga populer dengan sebutan Aurora Borealis.
Beberapa tempat yang cukup populer untuk aurora hunting adalah Kanada bagian utara, Lapland (Finlandia), Kiruna-Abisko (Swedia), Tromsø (Norwegia), Greenland (Denmark), Iceland, Russia, dsb.

Untuk kali ini, tips yang akan diberikan adalah untuk Aurora hunting di Lapland, Finlandia.

1. Helsinki-Inari (Lapland)

Pencarian aurora ini sangat dipengaruhi oleh tempat. Perjalanan dimulai dari Helsinki, namun karena fenomena aurora sangat dipengaruhi oleh altitude, maka kita perlu pergi ke tempat dengan altitude yang tinggi. Daerah populer di Finlandia untuk aurora experience berada di provinsi Lapland yang beribukotakan Rovaniemi

Inari sendiri merupakan kota yang cukup populer untuk aurora hunting. Terdapat banyak sekali travel agent/tour yang menyediakan jasa seperti northern lights hunting, husky/reindeer expedition, snowmobile, ice fishing, dsb.
Terdapat pula banyak resort, hotel, atau lodge di sini. Jika cukup beruntung, aurora bisa dilihat dari resort/hotel tempat tinggal kita.

How to get there:

  1. Helsinki Vantaa Airport-Ivalo Airport (1jam)
  2. Ivalo Airport-Inari city (2-3jam) by car*
    *rental mobil bisa dilakukan di Ivalo Airport. SIM Indonesia berlaku di sini, jadi tidak perlu menunjukkan SIM Internasional.
    **Perlu diingat, harap melakuakan pre-reservasi. Jika tidak, kalian tidak bisa mengambil mobil di airport (harus datang ke branch office rental car terdekat karena hanya mobil yang pre-booked saja yang mereka siapkan di Airport).
    ***Biaya: bervariasi, saat itu kami menghabiskan EUR 537 untuk 4 hari sewa (kapasitas mobil 5 orang)
    link untuk sewa mobil: Avis car rental Ivalo

 

2. Lodge/Villa House

Sebagian besar resort house atau hotel di Lapland mengadopsi design khas Scandinavia yang unik dan cantik. Hampir semua guest house di wilayah ini  menyediakan Sauna, interior bangunan pun didesain agar saat musim dingin yang teramat dingin, suhu di dalam ruangan tetaplah hangat. Jadi tidak perlu khawatir, warga di sana sudah sangat berpengalaman untuk tips dan trik bertahan hidup di dinginnya arctic circle. Supermarket besar dan tempat isi bahan bakar pun dapat ditemui di pusat kota, atau setiap 10km. Kalau ingin aman, carilah penginapan yang berada di pusat kota. Berikut rekomendasi penginapan yang conveniet dan dekat dengan supermarket, gas station, toko suvenir,dll.
Ranta Anti: https://www.airbnb.co.id/rooms/23102012

Lodge & Rental Car

Booking.com

3. My Aurora (App)

Aurora tidak datang begitu saja. Seperti halnya cuaca dan fenomena alam lainnya, kita perlu mengetahui informasi aktivitas auroral yang yang sedang terjadi tempat kita. Berikut beberapa alasan mengapa aplikasi My Aurora ini penting untuk perburuan aurora.
– Menunjukkan KP index dan probabilitas aurora melintas di tempat kalian atau rest of the world.
– Melihat lokasi tebaik untuk melihat aurora saat itu juga.
– Peta yang memperlihatkan seberapa besar aurora terjadi di seluruh dunia (real time).
Free push notifications saat aktifitas auroral tinggi.
– Prediksi aurora untuk satu jam ke depan, beberapa jam and beberapa minggu (tergantung kondisi cuaca, jika mendung aurora akan tertutup awan)
– Statistik solar wind dan imagery matahari.
– Informasi tour information jika kalian berminat mengikutinya di beberapa lokasi seperti Islandia, Swedia, Finlandia atau bahkan Alaska atau Kanada.
Gratis seutuhnya.
Perlu diingat bahwa kondisi tebaik untuk melihat aurora adalah saat langit cerah sehingga bintang-bintang pun terlihat.
Berikut link untuk download aplikasi My Aurora di apple store dan google play.

4. Midnight

Aktivitas semburan flare matahari yang sulit diprediksi membuat perburuan aurora merupakan aktifitas yang memerlukan usaha spesial di beberapa kasus. Alasan utama mengapa tengah malam hingga dini hari merupakan waktu terbaik dalam aurora hunting adalah karena polusi langit paling rendah pada periode ini.

The best conditions for seeing the Northern Lights include a few key factors: Mainly dark skies without any clouds. And, usually, the less light pollution in the sky, the better. This leads many people to profess that you won’t see the aurora if the moon is shining brightly.

5. Driving

Seperti yang telah disebutkan, awan yang cerah tanpa awan adalah kondisi terbaik untuk mengamati aurora. Tetapi bagaimana jika berawan? Yap, pengalaman saya saat aurora hunting, kondisi site kita memang tidak cukup baik. Langit hampir seluruhnya tertutup awan. Karena kami bersikukuh ingin melihat aurora borealis, maka kami melakukan ekspedisi dengan driving sejauh kurang lebih 100km ke arah tempat yang tidak berawan. Pengalaman ini benar-benar tak terlupakan, karena kami hampir putus asa, langit tertutup awan tebal dan bintang-bintang maupun aurora tak kunjung terlihat. 

Akan tetapi, saat perjalanan pulang kami dapat melihat aurora. Seketika itu mobil dihentikan, meminggir, dan……. mengeluarkan kamera+tripod untuk mengabadikan momen luar biasa ini.

Aurora Borealis (temperature: -16deg C)
Aurora dan rental car yang berjasa
Aurora Borealis hasil jepretan Farah

Tambahan:

Inari Lake (Lake Inarijärvi)
(Great place to see aurora)

Salah satu spot populer bagi para pemburu aurora maupun tempat tour-tour aurora menjalankan ekspedisinya adalah di Lake Inari. Lake ini cukup luas dan membeku saat musim dingin. Jika aurora muncul dari tempat ini, maka tidak diragukan lagi keindahanya.

Aurora Hunting Safari to Lake Inari (source: attached link)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *